Kamis, 27 Maret 2014

Belajar Efektif


Masih banyak mahasiswa saat ini yang belum tahu betul bgaimana cara Belajar yang Efektif. Mereka hanya sebatas mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen bahkan hanya beberapa menit saja membaca buku. Dengan cara seperti ini, belajar efektif tidak bisa di terapkan. Sangat banyak kendala-kendala/hambatan yang dialami mahasiswa untuk belajar. Kendala-kendala tersebut akan dipaparkan dalam blog ini serta tips mengenai Belajar Efektif. Namun sebelum melangkah lebih jauh membahas hambatan dan tips, mari kita simak terlebih dahulu definisi dari Belajar Efekif itu sendiri.

BELAJAR MENURUT AHLI
Djamrah mengungkapkan bahwa belajar adalah suatu aktivitas yang dilakukan secara sadar untuk mendapatkan sejumlah kesan dari bahan yang telah dipelari. (Bari Djamarah, 1994) Menurut James O. Wittaker belajar dapat didefinisikan sebagai proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman. Sedangkan menurut Croanbach belajar yang efektif adalah pengalaman. Dan menurut Howard L.Kingsley belajar adalah proses dimana tingkah laku (dalam arti luas) ditimbulkan atau diubah melalui praktek dan latihan (Dalyono, 2006).

EFEKTIF
Efektif berasal berasal dari kata efek yang berartii akibat atau pengaruh. Jadi efektif ialah akibat atau pengaruh yang timbul secara maksimal atau sesuai dengan harapan.
Jadi, Belajar Efektif ialah proses belajar yang sesuai dengan harapan atau mencapai tujuan. Belajar Efektif juga dapat didefinisikan sebagai cara belajar yang tepat.

HAMBATAN
Menurut Stine persepsi negatif adalah merupakan hambatan yang paling mempengaruhi kecepatan dan kemudahan dalam belajar.
Persepsi negatif yang bisa menghambat suatu proses belajar antara lain :

Saya Bodoh
Pada saat pernyataan ini muncul, dalam diri akan muncul perasaan minder, malas dan tidak bersemangat.

Belajar Membosankan 
Pada saat muncul pernyataan bahwa belajar membosankan maka di dalam diri kita akan muncul perasaan gelisah dan tidak suka, dampaknya susah dalam memfokuskan perhatian memahami apa yang dipelajari.

Saya Bukan Mahasiswa yang Baik
Keraguan dan perasaan negatif akan menghambat optimalisasi potensi diri.

Saya Tidak dapat Memahami Subjek ini/Tidak dapat Belajar
Otak kita memiliki kemampuan unutk memelajari semua hal. Kita tidak bisa memahami sesuatu karena sebelum mencoba belajar/mempelajari sesuatu saluran mental yang berfungsi unutk menerima informasi dalam proses belajar sudah kita sumbat/tutup dengan pernyataan tersebut.

Saya tidak Ingat dengan Apa yang Saya Pelajari 
Ketika pernyataan di atas dikeluarkan terus menerus, maka akan terkiriim perintah "penghapusan" mental ke otak, dimana perintah tersebut akan menghapus bersih isi file-file mental dan mudah lupa dengan apa yang dipelajari.
Setelah anda mengetahui pernyataan-pernyataan di atas, mulai sekarang anda harus berhenti berpikir bahwa anda tidak bisa dalam pelajaran/mata kuliah yang anda tidak suka. Maka dari itu untuk bisa belajar efektif ada beberapa tips yang bisa anda terapkan saat anda belajar di antaranya :

1. Belajarlah Mencintai Pelajatan/Mata Kuliah Tersebut
Anda tidak bisa dalam fisika (misal), namun anda sangat mencintai pelajaran yang satu ini. Maka dengan kecintaan itu, suatu saat akan menjadikan anda seorang ffisikawan hebat, karena sesuatu yang dilakukan sepenuh hati akan menghasilkan hasil yang memuaskan.

2. Belajarlah Di Manapun Anda Suka
Carilah tempat yang nyaman dan dapat menenangkan pikiran kita sewaktu belajar, dengan keadaan yang nyaman kita akan lebih mudah dalam memahami materi.

3. Jangan Belajar Terlalu Banyak Ketika akan Ujian 
Inilah sebuah doktrin yang saya rasa sangat keliru, "Kamu harus belajar sungguh - sungguh, besok ada ujian"... Kira -kira anda sudah pernah mendengar ocehan yang seperti itu ? Ini adalah kesalaahan, sebenarnya ketika akan ujian itu kita gunakan untuk merihat orak sekejap, justru pas hari - hari biasalah kita harus belajar sungguh - sungguh.

4. Belajar Sambil Diskusi
Belajar secara kelompok memang dimaksud agar seseorang yang kurang mampu memahami materi bisa berdiskusi dengan orang yang sudah paham.

5. Jangan Hanya Menghafal
Metode menghafal mungkin bisa menyukseskan kita dalam mencari "nilai yang baik", namun apakah pengetahuan kita bertambah ? tidak. Pahamilah materi dengan mempelajari konsep - konsepnya, bagaimana hal itu bisa terjadi, mengapa, apa selanjutnya, begitulah cara berpikir yang harus dikembangkan meskipun memakan waktu yang cukup lama. Sehingga kita akan tahu betapa indahnya Ilmu Pengetahuan itu.

6. Jangan Malu-malu untuk Bertanya
Bila kita ada yang belum paham mengenai mater yang diajakan, cukup acungkan jari dan bertanyalah kepada Bapak/Ibu Dosen, jangan malu bertanya bila kita tidak bisa, jangan jadikan gengsi "takut dibilang Lambat Loading alias LALOT oleh teman-teman sebagai alasan, karena hal yang seperti itu tidak masuk akal.

0 komentar:

Posting Komentar